Home / Aplikasi / Aplikasi Steam di GNU/Linux

Aplikasi Steam di GNU/Linux

steam di gnu/linux
steam di gnu/linux

Steam adalah sebuah aplikasi distributor permainan digital milik valve. Kamu dapat memainkan berbagai permainan gratis ataupun berbayar pada aplikasi steam ini. Steam dibuat dengan tujuan agar pembajakan permainan digital dapat ditekan.

tampilan aplikasi steam
tampilan aplikasi steam

Fitur yang diberikan Steam.

Di steam, kamu dapat memainkan beribu-ribu permainan digital secara gratis ataupun berbayar seperti DOTA2 ataupun Counter Strike : Global Offensive. Berikut fitur yang dimiliki oleh steam :

  1. Tersedia banyak permainan digital dengan banyak genre permainan dari action ke indie. Total permainan hampir mencapai 3500 permainan.
  2. Semua permainan adalah legal, bukan bajakan.
  3. Ada Greenlight, jika kamu developer permainan digital, kamu dapat memasukan permainan yang kamu buat ke steam store tentunya dengan berbagai syarat.
  4. Yang menarik dari steam adalah komunitasnya yang besar, ya seperti GNU/Linux. Kamu dapat bertemu orang baru, bergabung ke grup permainanmu, melakukan chatting dan sebagainya. Hingga saat artikel ini ditulis terdapat 7 juta gamers yang online dengan 1,8 juta diantaranya sedang dalam permainan.
  5. Banyak item dalam permainan dapat kamu berikan ke teman kamu, kamu juga dapat membuat item untuk permainan tertentu dengan steam workshop.
  6. Aplikasi milik valve ini juga mendukung berbagai macam sistem operasi seperti GNU/Linux, Windows, dan MAC OS.
  7. Dengan aplikasi steam, kamu tidak usah repot memikirkan bagaimana cara instalasi permainan. Cukup unduh permainan dari aplikasi steam dan mainkan.
  8. Cukup dengan satu akun, kamu dapat memainkan permainanmu dari mana saja, dengan komputer mana saja.

Steam di GNU/Linux.

Pada aplikasi steam, terdapat banyak permainan. Tidak semua permainan dalam aplikasi steam mendukung sistem operasi GNU/Linux. Untuk melihat permainan apa saja yang dapat dimainkan di GNU/Linux, silahkan buka steam store berikut.

permainan GNU/Linux di steam
permainan GNU/Linux di steam

terdapat banyak permainan, khususnya DOTA2 dan Counter Strike : Global Offensive yang menurut penulis cukup banyak dimainkan.

Spesifikasi Aplikasi Steam.

Ini adalah spesifikasi untuk aplikasi steam, untuk sepesifikasi permainan, silahkan kunjungi halaman dari permainan dan sudah ada spesifikasi lengkap untuk masing-masing permainan.

  • 1 GHz atau prosessor yang lebih cepat.
  • 512 MB RAM.
  • 1 GB Tempat Penyimpanan.
  • Koneksi Internet.

Instalasi Steam di GNU/Linux.

Aplikasi steam tersedia dibanyak distribusi GNU/Linux seperti fedora, gentoo, CentOS/RHEL, Debian, SUSE, Arch Linux, dan Slackware. Untuk instalasi berbagai distribusi tersebut silahkan kunjungi web page ini.

Steam Under Linux

Karena penulis menggunakan sistem operasi Ubuntu, bagi siapapun yang menggunakan ubuntu dapat menggunakan perintah dibawah ini

setelah terpasang, kamu jalankan aplikasi steam dan akan melakukan update kurang lebih sekitar 200MB.

Tangkapan Layar

steam library
steam library
steam profile
steam profile
steam community
steam community
steam store
steam store
steam friend activity
steam friend activity
permainan CS:GO
permainan CS:GO

Referensi

  1. Wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Steam
  2. http://store.steampowered.com/about/
  3. https://developer.valvesoftware.com/wiki/Steam_under_Linux

 

 

 

Tentang zufar dhiyaulhaq

Zufar Dhiyaulhaq, merupakan seseorang yang tertarik dengan jaringan komputer dan juga telekomunikasi.

Periksa Juga

Cara install WPS Office

Cara install WPS Office

Aplikasi perkantoran memang seringkali menjadi kendala bagi pengguna baru pada sistem GNU/Linux. Proses peralihan penggunaannya …