Home / Tutorial / Yuk, Belajar Memahami Sistem Manajemen Paket Gnu/Linux

Yuk, Belajar Memahami Sistem Manajemen Paket Gnu/Linux

Pada saat memulai berkenalan dengan sistem Gnu/Linux agar tidak terlalu jauh dalam belajar, alangkah baiknya mempelajari seperti apa sistem manajemen paket Gnu/Linux itu sendiri. Pemahaman ini sangat penting bagi mereka pengguna baru yang akan belajar sistem Gnu/Linux. Perbedaan yang mendasar dari berbagai distribusi Gnu/Linux akan menjadi pondasi bagi pengguna baru.

Sebelum jauh tentang sistem manajemen paket Gnu/Linux, kita intip lebih dahulu apa itu dependensi dan repository.

Dependensi adalah sebuah kumpulan paket aplikasi yang mendukung aplikasi itu terinstal di sistem. Gambaranny seperti ini, bila akan menginstal aplikasi X maka akan membuturhkan paket aplikasi dari A, selain itu paket A juga akan membutuhkan paket aplikasi B, dan begitu seterusnya. Hal seperti ini bisa disimpulkan satu aplikasi saling terkait atau salinig berhubungan dengan satu aplikasi lain yang masih dalam satu kelompok paket aplikasi.

Repository adalah suatu wadah tempat di mana kode sumber itu berada. Berbagai alamat repository dapat kamu pakai sesuai pada distribsi Gnu/Linux yang dipakai. Penulisan alamat repository berawal dari kata deb seperti contoh berikut:

Dalam sistem manajemen paket Gnu/Linux, dibagi menjadi 5 kategori berdasarkan distribusi Gnu/Linux itu sendiri.

  1. Apt-get
  2. Yum
  3. Zipper
  4. Urpmi
  5. Pacman
  6. Tar gz & PKG Tools

Sistem Debian Packages (DPKG)

Penggunaan sistem manajemen ini ada pada keluarga distribusi Debian & Ubuntu. Perintah mendasarnya sebagai berikut:

Sistem Yum (RPM)

Penggunaan sistem menajemen paket YUM (Yellowdog Updater Modified) ada pada distribusi Gnu/Linux Redhat, Centos, Fedora dan keturunannya. Sebagai contoh penggunaan perintah yum antara lain:

Zypper

Untuk manajemen paket zypper sendiri digunakan pada keluagra distribusi Gnu/Linux Suse & OpenSuse. Seperti apa contoh dari perintahnya:

Urpmi

Yang satu ini untuk distribusi Gnu/Linux dari keluarga Mandriva. Seperti apa contoh perintahnya, silakan disimak.

Pacman

Bukan nama permainan jaman dulu. Tapi ini merupakan sistem manajemen paket Gnu/Linux dari keluarga Arch Linux. Beberapa perintah dari sistem ini antara lain:

Bisa digabung dengan perintah:

Tar.gz dan PKG Tools

Sistem manajemen paket ini berbeda dengan yang lain. Kamu bisa menyalin file tar.gz yang sudah diekstrak dan dikonfirgurasi secara manual pada sistemmu. Manajemen paket ini digunakan pada distribusi Gnu/Linux Slackware.

Perintah lain yang digunakan pada sistem ini yakni:

Referensi:

Tentang Wahyu Setiyono

Pemuda yang lagi ngebet gawean disambi ngopi dan belajar menulis.

Periksa Juga

Cara Mengatur Halaman Dokumen

Seri LibreOffice Writer: Cara Mengatur Halaman Dokumen

Pada saat membuat dokumen tentunya akan mengatur segala sesuatunya seperti halaman dokumen. Pengaturan halaman dokumen …

  • Pingback: Pengantar Memulai Belajar Gnu/Linux - Migrasi Linux()

  • Ade Malsasa Akbar

    Kepada akang Wahyu, pada section kode di atas, ada tag html yang bocor. Laporan selesai.

    Saya sangat mendukung setiap usaha untuk mengajarkan teknikal sistem manajemen paket GNU/Linux kepada masyarakat. Ini bentuk kesadaran akan masalah internet di Indonesia.

    NB: jika tujuan Anda membahas serius sistem manajemen paket hingga permasalahan offline, silakan merujuk ke http://offlineuser.wordpress.com.

    • terima kasih, sudah saya edit kang. Tidak sengaja tinggal copy paste di LibreWritter, pada posisi jadiin kode teks ternyata ada link bocor.

  • Fadlun Akbar

    Tulisannya keren Mas Wahyu. Untuk bagian YUM, mungkin bisa ditambahkan DNF. Terima kasih.

    • ada referensinya mas Fadlun tentang DNF tersebut?

  • Ramadhani Putra

    wahhh, bagus ini webnya.. buat para pemula yang baru migrasi ke linux 😀 kebanyakan takut salah mengoperasikan sistem linux kalo para pemula, sebenarnya juga cukup mudah.. dan ditambah cukup menantang otak :v wkwk thank you minn atas info yang telah mimin beri 😀 ….

    • sama – sama kang, kita semua saling bantu semakasimal mungkin agar pengguna baru tetap nyaman.

  • Pingback: Beberapa Alternatif Aplikasi Image Editor di GNU/Linux - Migrasi Linux()

  • Pingback: Cara Install CentOS 7 - Migrasi Linux()