Home / Aplikasi / Multiboot USB dengan Multisystem

Multiboot USB dengan Multisystem

multiboot usb multisystem

Multisystem adalah perangkat lunak sumber terbuka yang digunakan untuk membuat multiboot usb di sistem operasi GNU/Linux.

Seperti saudaranya yaitu YUMI (Your Universal Multiboot Integrator) yang ada di sistem operasi windows, dengan Multisystem, kamu dapat membuat banyak sistem operasi yang siap dipasang hanya dalam satu flash drive.

Bukan hanya sistem operasi, kamu juga dapat memasukan antivirus utilities, disc cloning, diagnostic tools ataupun yang lain. Dengan Multisystem, kamu dapat menghemat dan memanfaatkan secara baik ruang penyimpanan di flash drive kamu.

Dengan hanya satu flash drive, kamu dapat membawa banyak sistem operasi didalamnya, sangat cocok untuk kamu relawan migrasi linux yang tidak ingin ribet dengan pembuatan media instalasi.

tampilan Multisystem

Instalasi Multisystem

Sayangnya, multisystem hanya tersedia untuk sistem operasi berbasis debian. Untuk memasang Multisystem pada sistem operasi berbasis ubuntu, kamu dapat menggunakan perintah berikut :

Persiapan

Untuk membuat banyak sistem operasi yang dapat diinstall dalam satu flash drive, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain adalah :

  1. Flash drive dengan sistem file (file system) FAT32.
  2. File ISO sistem operasinya.

Untuk memformat flash drive dengan sistem file FAT32, kamu dapat menggunakan perangkat lunak GParted. Untuk memasang GParted di sistem operasi ubuntu dapat menggunakan perintah

Catatan : Pada saat memformat flash drive, kosongkan nama/label. Multisystem akan menambahkan nama untuk flash drivenya.

partisi Gparted

Pembuatan Multiboot USB

Buka Multisystem, tampilan awalnya seperti ini. Jika flash drive tidak terdeteksi, lalukan mount terlebih dahulu atau gampangnya membuka flash drive dari file manager. pilih flash drive lalu confirm.

tampilan awal

Akan muncul pesan kesalahan, abaikan saja karena flash drive kita tidak mempunyai label (multisystem otomatis menambahkan label). Cabut dan pasang kembali flash drive dan buka  kembali multisystem seperti cara diatas, pilih flash drive lalu confirm lagi.

error label

Jika ada pesan konfirmasi pemasangan grub2, klik OK. berikut adalah tampilan multisystem

tampilan multisystem

Untuk memasukan file sistem operasi, drag and drop saja ke aplikasi Multisystem, jika tidak berhasil, pilih icon DVD yang ada pada kiri bawah lalu cari file sistem operasi maka pemasangan akan dimulai. Lakukan yang sama pada sistem operasi kedua dan seterusnya. Jika sudah maka akan seperti ini

tampilan Multisystem

Lakukan pengujian pada flash drive yang sudah terpasang banyak sistem operasi, lakukan seperti menginstall seperti biasa. Namun kamu akan dihadapkan pada pemilihan sistem operasi. Pilih salah satu sistem operasi yang akan kamu install.

Multisystem boot

Saran dari penulis adalah kamu cukup menggunakan flash drive dengan kapasitas 16 GB ataupun 32 GB lalu pasang semua sistem operasi disana. tidak perlu repot lagi membuat bootable USB yang baru.

Berikut adalah video tutorial pembuatan multiboot usb dengan Multisystem, semoga membantu.

Tentang zufar dhiyaulhaq

Zufar Dhiyaulhaq, merupakan seseorang yang tertarik dengan jaringan komputer dan juga telekomunikasi.

Periksa Juga

Cara install WPS Office

Cara install WPS Office

Aplikasi perkantoran memang seringkali menjadi kendala bagi pengguna baru pada sistem GNU/Linux. Proses peralihan penggunaannya …