Home / Aplikasi / Kelola Keuangan Pribadimu dengan Aplikasi HomeBank

Kelola Keuangan Pribadimu dengan Aplikasi HomeBank

Uang jajan tiba-tiba habis, padahal minggu lalu dompet masih lumayan ada isinya. Mungkin kadang-kadang hal seperti itu terjadi. Kita lupa ke mana uang kita pergi. Mungkin hal itulah yang mendasari dibuatnya aplikasi akuntansi seperti Homebank. Aplikasi ini dibuat untuk membantu mencatat dan memantau keuangan pribadi kita. Aplikasi ini juga bisa berjalan pada GNU/Linux, MacOS, dan juga Windows.

Instalasi Homebank

Aplikasi Homebank tersedia di setiap repositori distro GNU/Linux. Untuk instalasinya bisa dilakukan dengan Software Center atau Terminal. Saat tulisan ini dibuat, nomor versi terbaru Homebank adalah 5.0.8

Untuk Ubuntu, perintahnya:

Untuk Fedora, perintahnya:

Setelah terinstal, aplikasi terdapat pada kategori perkantoran.

tampilan homebank software akuntasi linux
Tampilan software akuntansi Homebank

Mengelola Keuangan Pribadi

Pada saat pertama kali menjalankan aplikasi Homebank, akan tampil jendela konfigurasi profil. Agar Homebank menampilkan mata uang Rupiah, locale sistem harus diatur ke format negara Indonesia. Biasanya pengaturan ini terdapat pada Regional and language settings dan lakukan konfirmasi agar profil pengguna dapat disimpan.

Profil pemilik pengguna homebank
Profil pemilik pengguna homebank
Format keuangan
Format keuangan
Pembuatan akun baru
Pembuatan akun baru

Sebagai contoh kita akan membuat transaksi keuangan seperti modal, utang, sampai pendapatan lainnya. Perhatikan beberapa gambar berikut, mungkin agak rumit untuk dipahami. Namu, akan lebih baik bila langsung dipraktikkan oleh Anda.

Tampilan utama homebank
Tampilan utama homebank

Kelola akun
Kelola akun untuk membuat transaksi akuntansi

Kita akan membuat nama akun kas hingga pitugan. Isikan keuangan modal pertama yang ada di kolom start balance.

Mengisi nama akun
Mengisi nama akun
Mengisi nama akun utang
Beberapa akun yang sudah dibuat

Lihatlah beberapa akun sudah dibuat dan diis dengan sesuai hitungan modal yang ada. Setelah membuat beberapa akun, dilanjutkan dengan proses transaksi keuangan seperti pada gambar.

Mengelola kategori
Mengelola kategori

Untuk menambahkan transaksi dapat memilih berdasarkan kategori seperti gambar di atas. Bisa diedit maupun dihapus kategori transaksinya.

Penambahan transaksi keuangan
Penambahan transaksi keuangan

Proses penambahan transaksi terlihat seperti pada gambar di atas. Anda dapat menyesuaikan dengan berapa jumlah uang transaksi yang dimasukkan. Tidak hanya itu saja, tentukan pembayarannya apakah utang atau tunai, sesuaikan juga pada kategorinya. Beri keterangan pada kolom info agar lebih jelas pada saat melihat transaksi keuangan Anda. Bila sudah selesai, klik Add.

Inilah beberapa contoh hasil dari laporan biaya kendaraan yang sudah dibuat. Dari biaya bahan bakar yang dipakai sampai pada penghitangan per kilometer pemakaian bahan bakar.

Laporan biaya transaksi kendaraan
Laporan biaya transaksi kendaraan

Nah, sekarang akan lebih mudah dalam mengelola keuangan, menganalisa pengeluaran dan pemasukkan keuangan Anda dengan aplikas HomeBank. Jadi, semua terdata dengan lengkap. Cocok banget buat kamu yang lagi diperantauan atau juga sebagai aplikasi keuangan toko di rumah.

http://homebank.free.fr/

(editor: whs)

Tentang Slamet Badwi

Periksa Juga

Cara install WPS Office

Cara install WPS Office

Aplikasi perkantoran memang seringkali menjadi kendala bagi pengguna baru pada sistem GNU/Linux. Proses peralihan penggunaannya …