Home / Aplikasi / Kazam, Aplikasi Screencast dan Screenshot

Kazam, Aplikasi Screencast dan Screenshot

Apa itu Kazam? Terdengar asing ditelinga, bukan minuman, bukan juga makanan ringan. Kazam ini adalah aplikasi untuk rekam desktop, screenshot, dan bisa juga striming video. Buanyak juga kelebihan dari aplikasi ini. Seperti apa rupanya, yuk di simak.

Fitur – fitur dari Kazam

Ternyata aplikasi Kazam punya banyak fitur, seperti screencast, screenshot, broadcast, sampai pada webcam.

kazam
Antarmuka aplikasi Kazam

Screencast

Untuk fitur ini sebagai perekam desktop monitor. Fitur ini sangat cocok bagi rekan – rekan yang suka buat video tutorial. Selain merekam desktop, kita juga bisa merekam audionya. Entah itu dari speaker laptop langsung, maupun dari media tambahan.

Dalam merekam aktifitas desktop, kita dapat memilih bagian mana yang fokus untuk direkam. Baik itu satu layar full, satu jendela aplikasi tertentu maupun bidang area tertentu. Kita tinggal klik saja fitur yang sudah disediakan.

Screenshot

Bagaimana dengan screenshot. Sepertinya fiturnya tidak berbeda jauh dari Screencast. Tapi yang ini bukan untuk merekam aktifitas desktop dalam bentuk video, melainkan hanya memotret aktiftias desktop berupa gambar saja. Untuk mengambil gambar dari Kazam bisa disesuaikan seperti halnya Screencast, yaitu satu layar, jendela aplikasi tertentu, maupun area layar tertentu.

Broadcast

Untuk yang ini sebagai perekam desktop berupa video secara live. Nah, yang satu ini membutuhkan sebuah alamat server, seperti youtube misalnya. Kita dapat mengatur alamat url pada pengaturannya pada menu File >> Preference dan pilih BroadCast.

WebCam

Sementara fitur yang terkahir ini untuk merekam aktifitas Anda. Jadi kamera pada laptop atau komputer (aksesoris tambahan) akan merekam Anda. Nanti akan ada kotak kecil yang terdapat gambar Anda. Kotak kecil ini secara default berada di pojok kanan atas.

Ketika akan merekam dengan Kazam

Sewaktu Anda akan merekam aktifitas desktop, terdapat fitur tambahan apakah akan diaktifkan ketika merekam atau malah dimatikan. Fitur ini adalah:

  • Mouse cursor, yang ini nantinya kursor mouse akan ikut terekam jika dicentang / diaktifkan.
  • Sound from speaker, pengaktifan merekam audio dari speaker laptop atau komputer.
  • Sound from microphone, nah yang ini kalau Anda suka ngomong dalam video, maka aktifkan fitur ini.
  • Key press and mous clicks, kalau yang ini akan membantu kejelasan dalam mengklik dan menekan tombol apa pada saat merekam desktop. Sangat bagus sekali untuk yang sering membuat tutorial desain projek.
  • Video from webcam, pengaktifan fitur yang terakhir ini juga akan merekam dari kamera laptop / komputer (aksesoris kamera) dan sekaligus juga merekam layar monitor Anda. Jadi ada kotak kecil untuk wajah Anda yang ikut terekam.

Anda juga dapat mengatur keluaran hasil video maupun gambar pada jendela Preference.

kazam-preference-general
Pengaturan aplikasi Kazam

Bagaimana menginstalnya?

Bagi rekan – rekan yang belum menginstal aplikasi Kazam, ikuti beberapa langkah mudah ini untuk menginstal aplikasi tersebut.

Namun jika ingin mengunduh filenya juga dapat merujuk ke halamannya di sana maupun di sana.

Tentang Wahyu Setiyono

Pemuda yang lagi ngebet gawean disambi ngopi dan belajar menulis.

Periksa Juga

Cara install WPS Office

Cara install WPS Office

Aplikasi perkantoran memang seringkali menjadi kendala bagi pengguna baru pada sistem GNU/Linux. Proses peralihan penggunaannya …

  • Rahadian Ade Eriandi

    Terimakasih banyak atas infonya, sangat betmanfaat.

    • sama – sama, pak