Home / Tutorial / Pengantar Memulai Belajar Gnu/Linux

Pengantar Memulai Belajar Gnu/Linux

Sebagai pengguna baru tentu saja akan banyak sekali pertanyaan dan kesulitan yang dihadapi. Entah pada adaptasi aplikasi, atau sampai pada masalah eror yang akan timbul pada saat menggunakan sistem Gnu/Linux. Tulisan ini akan menjadi pengantar kecil bagaimana memulai belajar Gnu/Linux.

Persiapan Belajar Gnu/Linux

Berbagai persiapan yang harus dilakukan saat mulai belajar sistem Gnu/Linux antar lain seperti ini:

Gabung ke komunitas Gnu/Linux

Dari adanya komunitas, maka kamu bisa leluasa untuk bertanya apa saja tentang Gnu/Linux. Seperti instalasi sistem, sampai pada troubleshoting yang akan dihadapi.

Ada banyak sekali komunitas maupun forum yang bisa kamu pergunakan sebagai media bertanya dan belajar tentang seperti apa Gnu/Linux. Entah itu forum luar negeri maupun dalam negeri.

dan masih banyak lagi.

Membaca dokumentasi

Berbagai dokumentasi telah beterbaran di internet. Dari wiki yang disediakan oleh masing – masing distribusi Gnu/Linux, maupun web atau blog dari pengguna sistem Gnu/Linux. Kamu jangan bosan – bosan untuk membaca. Dari membaca, maka dirimu akan mengerti bagaimana menghadapi masalah secara mandiri sebelum ditanyakan kepada orang lain. Beberapa url sumber dokumentasi seperti berikut ini:

dan masih banyak lagi

Pelajari sistem manajemen paket Gnu/Linux

Inilah yang menjadi dasar dari perbedaan semua distribusi Gnu/Linux. Dari keluarga Debian & Ubuntu, Slackware, RedHat, Suse, Arch, dan lain sebagainya. Masing – masing distribusi Gnu/Linux tentunya memiliki sistem paket aplikasi yang berbeda, sebagai contoh: Debian & Ubuntu menggunakan *.deb ( apt-get ), sedangkan RedHat sendiri menggunakan RPM (YUM/ Yellowdog Updater Modified).

Sistem manajemen paket ini akan menjadi dasarnya kamu belajar mengenal bagaimana mengupdate, menginstal, sampai penanganan eror pada masing – masing distribusi Gnu/Linux.

Memulai Belajar Gnu/Linux

Untuk memulai belajar sistem Gnu/Linux ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan. Sebagai contoh mencoba salah satu distribusi Gnu/Linux secara virtual (menggunakan virtualbox), mencoba secara live cd/usb dengan media bootable (flashdisk/CD), dan dual boot sistem dengan sistem operasi lain seperti Windows.

Sebelum melakukan percobaan, kamu harus mengunduh terlebih dahulu sistem Gnu/Linux yang user firendly. Contohnya : Linux Mint, Ubuntu, Debian, dsb. Dengan menggunakan sistem yang user firendly diharapkan dapat dengan mudah memahami tampilan dan juga aplikasi yang ada di sistem tersebut.

Tanyakan jika memang bingung

Jika kamu merasa ragu dan bingung bagaimna memulainya, tanyakan kepada komunitas didekatmu atau rekan – rekan yang tidak jauh dari tempat tinggalmu yang memiliki pengetahuan tentang sistem Gnu/Linux. Kami (MigrasiLinux) juga dapat membantu dalam proses pembelajaran untuk memulai menggunakan Gnu/Linux.

Dalam bertanya harus dengan jelas, dan langsung pada pokok masalahnya. Seperti contoh berikut ini:

Ketika kamu mengalami masalah eror pada sistem mu (misalkan tidak bisa update). Informasikan semua yang sudah kamu lakukan, berikan keterangan gambar sebagai pendukung untuk mempermudah dalam analisa. Tidak hanya itu, berikan juga informasi sistem yang kamu pakai jika memungkinkan sampaikan juga spesifikasi komputer yang dipakai.

Pak, saya mau tanya kenapa gagal seperti ini, saat melakukan perintah : .. .. . sistem yang saya pakai Ubuntu 14.04 32 bit pada laptop …….. (deskripsi laptop). Berikut informasi pesan dari gambar yang saya ambil.

Itulah sedikit pengantar dari bagaimana memulai belajar sistem Gnu/Linux. Apabila ada pertanyaan dan kritik / saran silakan tulis pada kolom komentar. Terima kasih. 😀

Tentang Wahyu Setiyono

Pemuda yang lagi ngebet gawean disambi ngopi dan belajar menulis.

Periksa Juga

Cara Mengatur Halaman Dokumen

Seri LibreOffice Writer: Cara Mengatur Halaman Dokumen

Pada saat membuat dokumen tentunya akan mengatur segala sesuatunya seperti halaman dokumen. Pengaturan halaman dokumen …