Home / Tutorial / Libreoffice / Seri LibreOffice Writer: Cara Mengatur Halaman Dokumen

Seri LibreOffice Writer: Cara Mengatur Halaman Dokumen

Pada saat membuat dokumen tentunya akan mengatur segala sesuatunya seperti halaman dokumen. Pengaturan halaman dokumen ini akan berpengaruh pada saat mencetak dokumen. Pemilihan jenis kertas pada LibreOffice Writer juga menjadi faktor utama dalam mencetak.

Tulisan ini berisi tentang bagaimana mengatur halaman dokumen pada LibreOffice Writer. Penulis saat ini menggunakan LibreOffice versi 4.2.8.2. Sebelum jauh, silakan buka terlebih dahulu aplikasi LibreOffice Writer.

Mengatur Halaman Dokumen
Mengatur Halaman Dokumen

Untuk mengatur halaman dokumen kita harus menuju ke menu Format > Page. Keluarlah jendela pengaturan seperti ini.

Jendela pengaturan
Jendela pengaturan

Pada gambar di atas terdapat beberapa tab menu yang semua untuk mengatur halaman dokumen. Beberapa tab menu tersebut ialah:

  • Organizer
  • Page
  • Background
  • Header
  • Footer
  • Borders
  • Columns
  • Footnote

Organizer

Pada tab menu ini menampilkan secara umum informasi gaya pengaturan pada halaman dokumen. Seperti style dan informasi konten dari halaman dokumen. Untuk style sendiri kita bisa mengubah nama dan sekaligus mengatur secara default gaya yang akan dipakai pada dokumen yang telah dibuat.

Cara ini akan mempercepat dalam pergantian pengaturan dokumen. Karena sudah diatur secara berurutan, maka ketika menekan enter pada baris pertama akan sekaligus berganti gaya pengaturan dokumennya.

Page

Tab menu page merupakan pengaturan yang paling utama. Di sini kita bisa mengatur jenis kertas yang akan dipakai, margin halaman, hingga pengaturan layout-nya.

Mengatur halaman dokumen
Mengatur halaman dokumen

Halaman dokumennya dapat diatur pada kolom ini. Kita bisa memilih jenis kertasnya, seperti A4, A5, A6, Letter, dan sebagainya. Namun apabila ingin menggunakan ukuran tertentu juga bisa. Isikan pada kolom widht dan height untuk menentukan lebar dan tinggi halaman yang akan dipakai. Sementara apakah halaman yang akan digunakan berdiri tegak atau tiduran, kamu bisa mengaturnya juga. Pilihlah dengan mencentang Portrait (untuk posisi halaman berdiri / horisontal), Landscape (untuk posisi halaman tiduran / vertikal).

Background

Terkadang kita juga menginginkan warna halaman yang akan dipakai. Entah itu warna dasar atau juga dari gambar foto lainnya. Semua bisa diatur pada tab menu ini.

Mengatur warna halaman
Mengatur warna halaman

Header dan Footer

Ada header tentunya ada footer. Fungsi dari pengaturan ini adalah untuk mengaktifkan bagian kepala halaman dan kaki halaman. Nantinya akan dijadikan keterangan halaman atau diisi dengan nomer halaman dokumen itu sendiri.

Mengatur header dan footer halaman
Mengatur header dan footer halaman

Centanglah untuk mengaktifkan header maupun footer. Selanjutnya klik bagian kepala halaman, dan isi dengan keterangan yang dikehendaki. Kita juga bisa mengatur seberapa lebar dari header maupun footer tersebut.

Borders

Pengaturan ini berguna untuk memberikan efek garis tepi pada halaman. Garis tepi ini juga bisa disesuaikan seperti seluruh sisi (kanan, kiri, atas, bawah), hanya kanan dan kiri sisi halaman, hanya atas dan bawah, dan hanya sebelah kiri saja.

Mengatur border halaman
Mengatur border halaman

Selain menentukan sisi garis tepi, kita juga bisa memberikan efek bayangan pada garis tepi halaman. Tidak hanya itu, memilih jenis garis tepi juga bisa, silakan menuju ke Line Style. Pilihlah style untuk menentukan tipe garisnya, mau titik-titik, satu garis hingga dua garis. Ketebalan dan warna garis tepi juga bisa diatur pada tab menu ini. Bahkan, jarak garis tepi dari atas, bawah, kanan, kiri bisa disesuaikan juga.

Contoh border halaman
Contoh border halaman

Columns

Tab menu ini berfungsi untuk membuat kolom paragraf pada satu halaman tertentu. Pengaturan kolom pun bisa bervariasi. Kita dapat memilih 2 kolom, hingga 3 kolom sekalipun.

columns

Lihatlah contoh gambar berikut. Ini adalah tampilan dua kolom paragraf yang diatur pada tab menu tersebut. Cara mudah, blok beberapa paragraf dan klik menu format > page , dilanjutkan ke tab menu Columns. Pilih yang dua kolom dan klik ok.

Contoh kolom paragraf dengan 2 kolom
Contoh kolom paragraf dengan 2 kolom

Footnote

Fungsinya untuk memberikan penjelasan suatu kata pada akhir halaman. Tab menu ini untuk mengatur jarak footnote dari halaman. Selain itu juga untuk mengatur style dari footnote.

Mengatur footnote halaman
Mengatur footnote halaman

Untuk membuat footnote (catatan kaki) sangatlah mudah. Posisikan kursor teks pada salah satu kata, misalkan kata Footnote. Klik menu Insert > Footnote/Endnote nanti di bagian bawah halaman ada garis dan nomer footnote. Sekaligus pada di sebelah kata yang barusan dipilih. Lihat gambar saja agar lebih mudah dipahami.

Contoh footnote halaman
Contoh footnote halaman

Begitulah kira-kira bagaimana mengatur halaman secara umum pada LibreOffice Writer. Apabila ada kata yang kurang pas dan juga pertanyaan, silakan sampaikan pada kolom komentar. Terima kasih.

Tentang Wahyu Setiyono

Pemuda yang lagi ngebet gawean disambi ngopi dan belajar menulis.

Periksa Juga

Seri Libreoffice Writer : Membuat dan Menyimpan Dokumen

Libreoffice merupakan paket aplikasi perkantoran sumber terbuka (open source) yang sangat powerful yang dikembangkan oleh …