Home / Tutorial / Cara Menambah, Menghapus Repository & PPA Keluarga Debian & Ubuntu

Cara Menambah, Menghapus Repository & PPA Keluarga Debian & Ubuntu

Penggunaan repository dan ppa sering sekali dibutuhkan untuk proses update maupun instalasi aplikasi. Tidak cuma itu, menambahkan daftar repository pada lokasi terdekat juga akan memiliki keuntungan sendiri. Di samping koneksinya lebih cepat, juga proses pengunduhan file juga akan lebih cepat.

Untuk menambahkan repository dan ppa, kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan mode GUI maupun mode teks. Beberapa cara tersebut ialah:

Cara Tambah & Hapus Mode GUI

Pada mode Gui (Graphic User Interface), kamu harus memnggunakan aplikasi yang bernama Synaptic Packages Manager. Sering kali disebut dengan nama Synaptic saja. Buka aplikasi pada menu Setting >> Synaptic. Atau juga bisa menggunakan terminal, dengan mengetikan:

Tidak lupa masukkan password untuk mendapatkan hak akses sebagai root (superuser). Lihatlah, tampilan dari synaptic ini.

synaptic
Aplikasi Synaptic Packages Manager

Langsung saja pergi ke menu Setting >> Repository. Muncullah kotak jendela repository dan ppa. Untuk menambahkan repository kita klik tab Additional Repository. Di situ akan terdapat berbagai macam alamat repository yang sudah ditambahkan oleh kamu, atau sudah ada secara default oleh sistem yang digunakan.

add-repository
Menambahkan repository

Tambahkan dengan mengeklik icon Add new repository, mulailah menulis alamat repository, tekan OK. Contoh dari penulisan repository sebagai berikut:

add-ppa
Menambahkan ppa

Sementara untuk menambahkan ppa, kamu harus mengeklik tab ppa, dan klik add a new ppa. Untuk penulisan ppa contohnya seperti ini:

Tambah & Hapus Mode CUI / Teks

Pada cara ini kita bisa lihat daftar repositroy yang sudah ada di sistem pada folder /etc/apt/sources.list . Silakan untuk cek dengan memanggil file tersebut:

Menambahkan repository

Dalam menambahkan repository, kita buka file sources.list yang berada di folder /etc/apt/ dengan menggunakan akses root (super user). Lalu tuliskan alamat repository pada file tersebut dengan menggunakan teks editor kesayangan kamu. Contohnya seperti ini:

Note: ganti vim dengan teks editor yang lain seperti: gedit, pluma, mouspad, nano, dll.

Menambahkan PPA

Berbeda caranya dengan menambahkan ppa pada mode teks. Kamu harus menambahkan langsung dengan perinth seperti ini:

Contoh:

Setelah melakukan penambahan repository maupun ppa, kamu harus menupdate library sistem. Dengan menggunakan perintah:

Setelah mengupdate, maka selanjutnya kamu menginstal aplikasi yang akan diinstal sesuai kebutuhkannya. Itulah bagaimana cara menambah, menghapus, repository dan ppa pada keluarga Debian dan Ubuntu.

Tentang Wahyu Setiyono

Pemuda yang lagi ngebet gawean disambi ngopi dan belajar menulis.

Periksa Juga

Cara Mengatur Halaman Dokumen

Seri LibreOffice Writer: Cara Mengatur Halaman Dokumen

Pada saat membuat dokumen tentunya akan mengatur segala sesuatunya seperti halaman dokumen. Pengaturan halaman dokumen …