Home / Aplikasi / Cara install flashplayer di Chromium 32 bit

Cara install flashplayer di Chromium 32 bit

Pada bulan Maret 2016 yang lalu google telah berhenti mendukung aplikasi chrome untuk sistem operasi yang berasitektur 32 bit. Dampaknya pengguna chrome yang masih menggunakan versi 32 bit setelah bulan Maret tidak mendapatkan update versi terbaru lagi dari google.

Namun, berhentinya dukungan google terhadap chrome versi 32 bit tidak berpengaruh pada browser chromium. Seperti ungkapan Dirk Pranke tentang berhentinya dukungan google terhadap chromium untuk GNU/Linux berarsitektur 32 bit.

“To provide the best experience for the most-used Linux versions, we will end support for Google Chrome on 32-bit Linux, Ubuntu Precise (12.04), and Debian 7 (wheezy) in early March, 2016,”

Google says it will ‘keep support for 32-bit build configurations on Linux to support building Chromium’, which  we’re told it will do so for ‘some time to come’.

Sumber : Omgubuntu

Chrome memiliki dukungan yang baik dari google, salah satunya yaitu plugin yang bernama pepperflash. Plugin ini adalah plugin yang dikembangkan oleh google.

“Pepper Flash Player is maintained by Google, and is newer than Adobe Flash Player. Adobe currently still provides security fixes for Adobe Flash Player. Google provides newer features in Pepper Flash Player. Pepper Flash Player can currently only be used with Chromium (and with Chrome).”

Sumber : Debian Wiki 

Kembali kepermasalah pertama bahwa dukungan google terhadap chrome versi 32 bit sudah dihentikan membuat dukungan terhadap pepperflash plugin untuk versi 32 bit juga dihentikan. Penulis merasakan sendiri karena penulis juga menggunakan GNU/Linux versi 32 bit.

Dari beberapa sumber yang penulis baca akhirnya penulis dapat menemukan solusi bagaimana memasang aplikasi sejenis pepperflash plugin pada GNU/Linux 32 bit yang bernama Flash Player PPAPI. dengan beberapa cara berikut :

Cara 1

Anda bisa mengunduhnya di laman resmi dari Adobe melalui pranala berikut https://get.adobe.com/flashplayer/?no_redirect .

Setelah itu ekstrak file tar.gz

1

Setelah itu akan muncul beberapa file seperti berikut :

2

setelah itu tekan opsi “Folder Rumah” maka akan muncul seperti gambar berikut :

3

Opsi tersebut ketika diklik akan mengarahkan kita menuju direktori rumah dari user yang sedang kita gunakan. Di contoh saya menggunakan user “telukbaru” maka direktori rumah dari user tersebut yaitu /home/telukbaru . Selanjutnya anda buat direktori baru dengan cara menekan ctrl+N, maka akan muncul pop-up seperti berikut :

4

Lalu ketikan kata “.flash” seperti pada gambar tanpa tanda petik. Langkah berikutnya anda perlu mengkopi file libpepflashplayer.so yang tadi sudah diekstrak menuju direktori yang baru kita buat.

Karena direktori yang tadi kita buat tersembunyi maka untuk mengkopi file libpepflashplayer.so dari direktori sebelumnya yang kita lakukan yaitu dengan menekan tombol ctrl+L , lalu ketika kata /home/nama_user/.flash. Contoh : /home/telukbaru/.flash. Berikut gambar contohnya.

Direktori hasil ekstrak dari file .tar.gz

Berikut hasil dari penggantian direktori dari /home/telukbaru/iso/flash ke /home/telukbaru/.flash seperti gambar dibawah ini:

6

Setelah itu paste file libpepflashplayer.so ke direktori tersebut . berikut gambar contoh :

7

sekarang kita buka terminal dengan menekan tombol ctrl+alt+T lalu ketik perintah berikut , sudo nano /etc/chromium-browser/default .

8

isi opsi CHROMIUM_FLAGS=”” menjadi CHROMIUM_FLAGS=”–ppapi-flash-path=/home/nama_user/.flash/libpepflashplayer.so –ppapi-flash-version=22.0.0.209″. kata nama_user harap disesuaikan dengan pc masing-masing.

9

tekan ctrl+x lalu tekan tombol Y . Untuk mencoba apakah sudah berhasil atau belum bisa melihatnya dengan cara membuka browser chromium lalu pada url bar ketik alamat chrome://flash .

10

Lihat tulisan yang terblock warna biru. Jika berhasil maka akan seperti yang ada pada gambar . 🙂 semoga bermanfaat.

Cara 2 : Akan hadir 🙂 .

Sumber :

    1. Askubuntu.com – Untuk link lengkapnya saya lupa tapi ada ko di situs tersebut.

 

Tentang Drajat Hasan Makmur Alvisis

Periksa Juga

Cara install WPS Office

Cara install WPS Office

Aplikasi perkantoran memang seringkali menjadi kendala bagi pengguna baru pada sistem GNU/Linux. Proses peralihan penggunaannya …

  • Maap nih mas, gak work di ubuntu saya (16.04 32 bit).
    Soal 1
    Secara, kita download yang versi 11, website adobe lngsung ngedeteknya kaya gitu.
    Soal 2
    Ketika di ekstrak, hasilnya bukan “libpepflashplayer.so”, tapi “libflashplayer.so”. Meski saya ganti tetep gak bisa. 🙁 Mohon cara yg kedua di post

    • coba mas.e install via terminal

      sudo apt install adobe-flashplugin