Home / Aplikasi / Cara Instal Hamachi di Ubuntu 16.04

Cara Instal Hamachi di Ubuntu 16.04

Siapa yang tidak kenal dengan Hamachi? Para gamers game online tentu pernah mendengar atau menggunakan aplikasi ini. Hamachi adalah aplikasi jaringan yang dapat menghubungkan beberapa komputer nonlokal menjadi satu koneksi, sangat berguna sekali bagi para teknisi jaringan untuk memaintenance komputer kliennya.

Fungsinya tentu saja tidak dapat disamakan dengan Chrome Remote, atau bahkan Teamviewer, karena memang fungsionalitas yang berbeda dengan Chrome Remote atau Teamviewer.

Pada awalnya saya kesulitan menemukan padanan Hamachi untuk GNU/Linux, namun setelah saya menjelajah ke website resminya, ternyata ada Hamachi untuk platform GNU/Linux sendiri disebut Haguichi.

Saya mencoba merangkum proses instal haguichi di Ubuntu 16.04, berikut langkah-langkahnya.

Unduh terlebih dahulu LogMein Hamachi untuk Ubuntu 16.04, sesuaikan dengan arsitektur Ubuntu yang diinstal ya.. karena ada 32bit dan 64bit. Jika unduhan sudah selesai, dobel klik pada file hasil unduhannya
folderhamachi32

Perhatian : saya menemukan bug ketika proses intalasi software di ubuntu 16.04 32bit, yaitu tidak meresponnya Ubuntu Software Center ketika proses intalasi. Cara mengatasinya adalah sebagai berikut
a. Buka terminal ubuntu (ctrl + alt + T)
b. Ketikkan

c. Akan tampil seperti ini

Screenshot from 2016-05-26 00-08-37

d. Silahkan gerakkan kursor sampai baris paling bawah, dan pastekan

f. Tekan ctrl + x
g. Tekan y, kemudian enter. ketikkan 

i. Tekan y, kemudian enter, jika ada pertanyaan y/n pilih y
j. Tunggu sampai proses instal lsb-core selesai

Setelah itu kita mulai lanjutkan instal Hamachi. Lanjutkan menginstal hamachi dengan double klik hasil unduhan kita. Setelah itu biarkan proses instal berlangsung, kita akan dimntai password untuk melanjutkan penginstalan, masukkan saja pasword ketika kita menginstal ubuntu ini.

Karena Haguichi tidak ada dalam repositiry official, maka kita harus menambahkan alamat ppa. Gunakan aplikasi Terminal dan ketikkan perintah berikut, atau bisa juga salin saja agar lebih cepat dan tidak ada kesalahan dalam penulisan perintah dan install haguichi.

Screenshot from 2016-05-26 00-28-20

Screenshot from 2016-05-26 00-29-36
Pencarian aplikasi pada dash Unity

Proses instalasi pun sudah selesai. Anda dapat menemukan dengan membuka menu dash pada Unity dan ketikkan kata kunci “haguichi”. Lihat pada gambar berikut ini.

Screenshot from 2016-05-26 00-30-54
Tampila awal Haguichi

Begitulah cara menginstal Haguichi di Ubuntu 16.04, settingan selanjutnya dapat dibuat seperti biasa seperti dalam Windows. Semoga bermanfaat.

(editor: whs)

Tentang Agung Dian Saputra

Periksa Juga

Cara install WPS Office

Cara install WPS Office

Aplikasi perkantoran memang seringkali menjadi kendala bagi pengguna baru pada sistem GNU/Linux. Proses peralihan penggunaannya …