Home / Tutorial / Cara Disable Error Reporting di Ubuntu

Cara Disable Error Reporting di Ubuntu

Biasanya pada saat baru menginstal Ubuntu atau diwaktu komputer baru menyala akan muncul notifikasi sistem eror. Popup notifikasi ini kadang membuat jengkel sebenarnya. Tapi juga akan bermanfaat sekali sebagai langkah kecil melaporkan bug atau permasalahan para suatu sistem.

Sebenarnya mudah sekali menghilangkan popup ini. Kamu hanya tinggal klik report problem dan sudah dilaporkan permasalahannya. Selesai? Mungkin belum juga, misalkan tiap kali muncul saat menghidupkan komputer dan masuk desktop. (Baca juga: Beberapa jenis desktop GNU/Linux)

Popup Error Reporting di Ubuntu
Popup Error Reporting di Ubuntu

Lalu bagaimana cara mengatasi hal seperti ini? Coba gunakan beberapa langkah-langkah di bawah ini semoga popup error hilang dan tidak muncul kembali saat komputer menyala dan masuk desktop.

(Baca juga : Cara install Xubuntu 16.04 LTS)

Matikan servis Apport

Dengan menggunakan aplikasi terminal, buka dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T, ketik perintah berikut eh copy paste saja biar cepet.

Cara ini sudah mematikan popup tersebut. Namun, jika menginginkan notifikasi itu tidak pernah muncul lagi, gunakan cara yang ini.

Edit file Apport

Mengedit file apport yang berada di /etc/default/apport dan beri nilai enable jadi nol.

Lihat di bawah ini,

Simpan dan restart untuk memastikan apakah sudah tidak muncul lagi. Itulah cara singkat untuk mematikan popup notifikasi eror reporting di Ubuntu, selamat mencoba.

Referensi: Ubuntuhandbook

Tentang Wahyu Setiyono

Pemuda yang lagi ngebet gawean disambi ngopi dan belajar menulis.

Periksa Juga

Cara Mengatur Halaman Dokumen

Seri LibreOffice Writer: Cara Mengatur Halaman Dokumen

Pada saat membuat dokumen tentunya akan mengatur segala sesuatunya seperti halaman dokumen. Pengaturan halaman dokumen …